Kamis, 15 Desember 2011

BLOGGING

Blogging atau ngeBlog adalah sesuatu yang tidak asing lagi.
Pada postingan kali ini aku akan berbagi tentang pengalaman ngeBlog yang pernah saya alami. Selama 2 tahun banyak hal yang sudah aku dapatkan dari belajar blogging. Dari urusan template, domain, hosting dan sebagainya, dari yang gratisan ataupun berbayar, tentang kreatifitas ataumun cuma cari yang mudah-mudah saja. Disini aku akan berbagi sesuai dengan pengalaman pribadi yang pernah aku lakukan.

Membuat Template Sendiri 
Dalam membuat blog, aku pernah membuat template sendiri dengan menggunakan dreamweaver.
Kelebihannya :
1. Tampilan template bisa di modifikasi sesuai dengan keinginan dan selera sendiri
2. Beban loading sangat-sangat ringan , jadi loading bisa sangat cepat
Kekurangannya :
1. Sudah pati ribet dan butuh ketelatenan
2. Ribet dalam memasang aksesoris blog ( harus edit per halaman )
3. Cari hosting sendiri bisa gratisan atau berbayar

Pakai Domain Gratisan
Aku juga pernah menggunakan domain gratisan dari Dot TK. Kalau anda browsing dan menjumpai sundulsatu.(DOT)tk, itulah blog ku yang telah hilang dengan domain gratisan. Hilang disini maksudnya apabila kita mengaksesnya akan masuk ke web lain yang mungkin bagian dari dot tk
Kelebihannya :
1. Nama terkesan singkat dan keren
2. Gak pakai bayar domain
Kekurangannya :
1. Domain yang saya pakai tidak bisa di akses dan dimanfaatkan oleh yang punya Dot TK sehingga apa yang sudah aku kerjakan selama ngeBlog terasa hilang sia-sia

Memakai Template Wordpress
Blog ku yang dahulu memakai template miliknya wordpress
Kelebihannya :
1. Templatenya friendly banget sehingga postingan mudah terbaca oleh mesin pencari
2. Tersedia widgwt dan plug in yang sangat memudahkan blogging dan mendukung blog tuk mencapai page rank dalam ber SEO
3. Apabila kita mempunyai hosting sendiri ( gratisan ataupun berbayar ) kita akan mudah mengotak atik template sehingga bisa disesuaikan dengan selera kita
$. Menurutku  wordpress adalah template yang paling sempurna karena kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh wordpress
Kekurangannya
1. untuk yang satu ini aku rasa sangat sulit untuk menemukan kekurangannya

Pakai hosting gratisan 
Banyak tersedia webhosting gratisan yang di tawarkan kepada para blogging.
Aku hanya menyarankan untuk memilih webhosting yang  benar-benar gak pamprih dalam memberikan gratisan kepada kita. Karena kebanyakan para penyedia webhosting gratisan akan menyertakan embel-embel yang tentunya akan sangat menguntungkan mereka ( tentunya gak mau rugi kan mereka ).

 NgeBlog di Blogger
 Bagi yang suka gratisan , menurut aku cara yang paling mudah, enak dan nyaman adalah kita ngikut saja pada mbah google.
Kelebihannya:
1. Sudah tentu gratis ... tis ... tis ... tis
2. Tidak ada resiko hilang dan gak bisa di akses
3.  Mempunyai template yang paling sederhana yang pernah aku tahu
Kekurangannya :
1. Ada embel-embel blogspot pada domain kita
2. Sulit bersaing dalam mesin pencari  ( kata orang sih )
3. Tidak tersedia plug in untuk mendukung SEO



Saran dan Saran untuk Blogging pemula 
1. Kalau anda tidak mau  menggunakan domain dan hosting gratisan, blogspot tentulah merupakan pilihan yang terbaik, karena dengan tips triks tertentu anda bisa masih bersaing untuk mencapai halaman pertama dalam mesin pencari Mbah google, karena banyak juga blogspot yang bisa mencapai urutan teratas.
2. Bila memungkinkan anda langsung saja gunakan domain dan hosting yang merbayar. dan gunakan wordpress sebagai template blog anda. Aku yakin dengan keseriusan dan ketekunan, blog anda akan mudah bersaing dalam  menarik hati para mesin pencari .

Selamat ngeBLOGGING. Gunakan hati untuk menuliskan setiap postingan anda. Jangan asal Copy Paste
Semoga Sukses dan Salam Blogger.

Artikel Terkait



Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar