Kamis, 02 Februari 2012

Menanam Pohon adalah Ibadah

  Menanam pohon adalah ibadah bagi si penanam. Mungkin banyak orang yang belum mengetahui dan mengerti bahwasannya menanam pohon yang dianggap sepele itu termasuk ibadah yang sangat besar pahalanya. Ada beberapa hadits nabi yang menerangkan tentang hal tersebut :

Rasulullah bersabda, yg artinya , "Tidaklah seorang hamba beriman (muslim) menanam tanaman, kecuali apa yg dimakan dari tanaman tsb merupakan shadaqahnya (orang yg menanam). Dan apa yg dicuri dari tanaman tsb merupakan shadaqahnya. Dan apa yg dimakan oleh binatang buas dari tanaman tsb merupakan shadaqahnya. Dan apa yg dimakan oleh seekor burung dari tanaman tsb merupakan shadaqahnya. Dan tidaklah dikurangi atau diambil oleh seseorang dari tanaman tsb kecuali merupakan shadaqahnya"

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda, “Tak ada seorang muslim yang menanam pohon atau menanam tanaman, lalu burung memakannya atau manusia atau hewan, kecuali ia akan mendapatkan pahala karenanya.” (Hr. Al-Bukhari) 

Jadi sangatlah jelas sekiranya apabila kita mau menanam pohon  akan sangat besar manfaatnya bagi makhluk ALLAH yang lain pada umumnya dan bagi kita sendiri pada khususnya karena apa yang kita kerjakan tersebut dihitung dengan nilai shedekah.
Riwayat lain menyebutkan : Diriwayatkan Imam Muslim dari Jabir ra, ia berkata, "Nabi memasuki kebun Ummu Ma’bad, kemudian beliau bersabda: “Wahai Ummu Ma’bad, siapakah yang menanam kurma ini, seorang muslim atau seorang kafir?.” Ummu Ma’bad berkata: “Bahkan seorang muslim”. Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Tidaklah seorang muslim menanam tanaman lalu dimakan oleh manusia, hewan atau burung kecuali hal itu merupakan shadaqah untuknya sampai hari kiamat"

Dengan berpedoman dari beberapa hadits di atas, mari kita berusaha untuk menanam pohon walaupun kita hanya bisa menanam 1 pohon saja. Kita bisa memulainya dengan menanamnya di lingkungan pekarangan kita sendiri. Selain dapat mempercantik lingkungan kita dan menyerap udara yang kotor yang berada di lingkungan kita, kalau kita niatkan dengan ibadah, kita akan mendapatkan pahala sesuai dengan janji ALLAH yang tersurat dalam hadits hadits di atas.
MARI KITA HIJAUKAN LINGKUNGAN KITA DENGAN MENANAM POHON.
Semoga ibadah kita diterima ALLAH SWT. Amin.

Artikel Terkait



2 komentar:

  1. subhanallah..begitu besar nilai ibadah dari pohon yang ditanam :-)

    BalasHapus